Kunjungan Tim Monev PPID DKIPS ke PPID BPKAD Prov.Sulteng

Palu,,Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerat ( BPKAD ) Provinsi Sulawesi Tengah menerima kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Dinas Komunikasi informatika dan Persandian Statistik ( DKIPS ) Provinsi Sulawesi Tengah tentang penerapan standar pelayanan informasi dan komunikasi publik Tahun 2023. 

Kunjungan tersebut dalam rangka untuk pembinaan standar pelayanan pelayanan informasi dan komunikasi publik di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Tujuan monitoring dan evaluasi layanan informasi dan komunikasi publik tersebut yakni untuk diskusi dan sharing masalah dan kendala yang mungkin akan dihadapi nantinya dalam tugas yang berhubungan proses publikasi berita,konten dengan laporan setiap tahunnya.

Kehadiran tim monev ini disambut langsung oleh Sekretaris BPKAD Prov.Sulteng Dony K.Budjang SE.,M.Si  didampingi oleh Kepala Sub Kepegawaian dan Umum Sakila, S.Sos bersama anggota PPID diruang kerjanya.

“Saya atas nama Sekretaris BPKAD mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada bapak dan ibu sekalian atas kunjungannya ke Kantor kami.” Ujar Sekban..Hal ini tentu menjadi penambah motivasi kami untuk terus meningkatkan standar layanan layanan informasi dan komunikasi publik khususnya untuk kepentingan PPID kedepannya.

Untuk meningkatkan kinerja, pelayanan perlu dilakukan monitoring dan evaluasi agar program dan kinerja pada PPID pelaksana yang ada di OPD dapat berjalan atau terlaksana dengan sistematis. Layanan yang bermutu sangat terkait dengan SDM yang skillful, berkualitas sangat berkorelasi dengan kinerja sebuah lembaga. Oleh sebab itu, peningkatan kompetensi kapasitas yang ada saat ini menjadi hal yang sangat mendasar yang harus dilakukan, dan seluruh tenaga yang ada harus memiliki skill yang dibutuhkan sebagaimana yang diinginkan kolaborasi dari petugas PPID dalam membantu kegiatan liputan dan publikasi kegiatan Pimpinan.

Pada sesi diskusi dengan pimpinan terlihat adanya dukungan komitmen yang baik dari Sekretaris BPKAD Provinsi Sulawesi Dony K.Budjang SE.,M.Si bahwa BPKAD Prov.Sulteng sangat berkomitmen untuk terus berinovasi serta meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada layanan Informasi dan Komunikasi kepada masyarakat melalui APLIKASI SP4N lapor.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik DKIPS Provinsi Sulawesi Tengah ( Kabid IKP ) Hasim S.Sos.,M.Si menjelaskan tentang bagaimana proses penilaian monev tersebut melalui uraian kegiatan yaitu :

  1. Rakor Layanan informasi dan komunikasi publik (LIKP)          Januari – Februari
  2. Audensi layanan informasi dan komunikasi punblik
  3. Penilaian internal ( Pengisian Quesioner LIKP )                        Maret – September
  4. Pendampingan pengelolaan PPID/Humas/SP4N Lapor
  5. Bimtek/Workshop/Sosialisasi/Pembinaan SDM dan Study Teknis April – September
  6. MONEV LIKP                                                                                    September – Oktober
  7. Penyampaian Hasil Monev                                                            November – Desember

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan PPID Pelaksana yang ada di BPKAD Provinsi Sulawesi Tengah selalu berinovasi dalam hal pengembangan layanan informasi ( konten ), maupun dari sisi jenjang pendidikan serta peningkatan kompetensi karyawan/i agar selalu memberikan support yang maksimal kepada para pimpinan dan lembaganya. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai wujud dari pengendalian standar pelayanan untuk mempersiapkan tenaga yang siap pakai kedepannya untuk memenuhi target kinerjanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *