Bimbingan Teknis Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Toli – Toli

Palu – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Sulteng Bahran SE., MM menjadi narasumber pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Toli-toli di Ballroom Vila Bukit Doda, kamis (9/11/2023).

Bimtek tersebut digelar dalam rangka mengoptimalisasi peran DPRD dalam Perencanaan Penganggaran Daerah serta pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota. Acara itu juga dihadiri Ibu Bupati Toli-Toli Sriyanti Daeng Parenba, Sekretaris Dewan Anjasmara S.pt., Mp serta Kabag Umum DPRD Toli-Toli Ruadi Ponceng, SH. sebagai moderator.

Kepala BPKAD Sulteng, Bahran menjelaskan, Perencanaan Pembangunan Daerah dalam implementasinya tidak dapat dipisahkan dengan Pengeloaan Keuangan Daerah (PKD). Dalam tahap pertama adalah PKD sebagai dasar pengagaran penyelenggaraan Pemerintah Daerah sesuai Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2019 dan Peraturan Mentri Dalam Negri No. 77 Tahun 2020.
Lanjutnya, dalam permasalahan Perencanaan seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kerap ditemui beberapa kendala seperti adanya intervensi kepentingan individu atau pihak-pihak tertentu, sehingga perencanaan mengarah pada hal yang diinginkan bukan yang dibutuhkan.
Menurutnya, hal ini terjadi karena kurangnya keterbukaan dan partisipasi masyarakat dalam mengawasinya.

Selain itu lanjutnya, inkonsistensi antara dokumen perencanaan Pembangunan seperti dokumen RPJPD, RPJMD maupun RKPD serta Rencana Tata Menengah Daerah Ruang dan Wilayah.
Dikatakan, Perencanaan dan penganggaran selama ini lebih banyak didasarkan pada tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Daerah dari pada pencapaian sasaran pembangunan daerah yang efektif dan efisien.

Bimtek tersebut ditutup dengan sesi foto bersama narasumber dan peserta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *